Acne Prone Skin Bolehkan Eksfoliasi Rutin?

January 14, 2024

Hai para pemilik kulit wajah acne prone skin. Pernahkah terpikir bahwa rutin melakukan eksfoliasi tidak membantu memperbaiki kondisi kulit, justru akan memicu tumbuhnya jerawat pada kulit? Pertanyaan tersebut umum terbesit bagi kita yang memiliki masalah kulit rentan berjerawat atau acne prone skin.

Bagi yang masih berfikir bahwa eksfoliasi dapat mengikis kulit dan memicu timbulnya lebih banyak jerawat sebenarnya salah. Asalkan eksfoliasi dilakukan dengan cara yang benar, rutin melakukan eksfoliasi justru memiliki banyak manfaat untuk kulit. Dikutip dari Halosehat.com dalam artikel yang berjudul “Kegunaan Eksfoliasi Kulit Wajah dan Dua Teknik Utamanya” menyebutkan bahwa eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. 

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori dapat menyebabkan beberapa masalah kulit,seperti komedo, bruntusan, hingga dapat berakibat timbulnya jerawat pada kulit. Jadi, melakukan eksfoliasi secara rutin akan sangat bermanfaat untuk pemilik acne prone skin. Namun, eksfoliasi yang seperti apa yang diperboleh untuk kulit rentan berjerawat? Yuk perhatikan beberapa hal berikut dalam melakukan eksfoliasi.

  1. Pilih produk yang sesuai

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu chemical exfoliation dan physical exfoliation. Chemical exfoliation biasa kita lakukan sehari dengan menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan asam, seperti AHA, BHA, PHA. Chemical exfoliation bisa dilakukan bahkan untuk kulit sensitif sekalipun, karena lebih minim iritasi selama kadar asam yang digunakan sesuai.

Physical exfoliation bisa dilakukan dengan menggunakan scrub. Theraskin Reguler Scrub bisa digunakan untuk eksfoliasi mingguan, butiran scrub pada produk ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam dan juga kasar. Sementara untuk chemical exfoliation kita bisa menggunakan Theraskin Perfect Glow Brightening Serum yang memiliki kandungan Glycolic Acid sebesar 7%. 

  1. Tidak dilakukan terlalu sering

Eksfoliasi cukup dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Bahkan untuk kulit yang sensitif, eksfoliasi tetap dapat dilakukan dengan memperhatikan tingkat ketahanan kulit. Jika merasa terlalu sensitif dengan bahan aktif yang ada pada produk, eksfoliasi bisa dilakukan cukup 1-2 kali dalam seminggu

Eksfoliasi terlalu sering juga dapat merusak lapisan pelindung kulit (skin barrier), dan bagi pemilik acne prone skin akan menyebabkan peradangan pada jerawat dan memicu timbulnya lebih banyak jerawat. Jadi lakukan eksfoliasi secukupnya yaitu 2-3 kali dalam seminggu dengan menggunakan produk yang mengandung Salicylic Acid (BHA) untuk membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus meredakan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat.

Theraskin juga memiliki rangkaian skincare yang dapat digunakan untuk pemilik acne prone skin, yaitu Theraskin Advanced Acne Series yang diperkaya dengan Salicylic Acid, Tea Tree Oil, Sulfur, Bee Venom serta Niacinamide yang dapat merawat kulit berjerawat, meredakan peradangan serta mencegah timbulnya jerawat.

Theraskin, Therapy for Your Skin.

Berita Lainnya

DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan informasi produk dan promo terbaru

© 2022 THERASKIN.CO.ID

magnifier