Apakah Kulit Berminyak Bisa Menyebabkan Jerawat?

January 10, 2024

Sering kali pemilik acne-prone skin memiliki tipe kulit yang berminyak. Namun, apakah kulit berminyak benar-benar menjadi penyebab langsung jerawat? Mari kita eksplorasi lebih dalam tentang hubungan antara kulit berminyak dan jerawat.

1. Produksi Minyak pada Kulit Berminyak

Kulit berminyak cenderung memiliki kelenjar sebaceous yang aktif, menghasilkan sejumlah minyak alami atau sebum lebih banyak daripada kulit normal atau kering. Sebum ini bertujuan untuk menjaga kelembaban kulit dan melindungi dari elemen lingkungan. Namun, ketika produksi sebum berlebihan, dapat menyebabkan masalah.

2. Pori-pori Tersumbat

Sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori kulit. Ketika pori-pori tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran, hal ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang. Pori-pori yang tersumbat juga dapat menyebabkan munculnya komedo, jerawat kecil yang dapat menjadi jerawat lebih parah jika tidak diatasi.

3. Peradangan dan Jerawat

Pori-pori yang tersumbat menjadi tempat yang baik untuk bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) berkembang. Ketika bakteri ini berkembang biak, dapat menyebabkan peradangan di dalam pori-pori dan di sekitarnya. Peradangan inilah yang akhirnya menghasilkan jerawat.

4. Faktor Genetik dan Hormonal

Selain produksi sebum berlebihan, faktor genetik dan hormonal juga memainkan peran penting dalam seberapa rentan pemilik acne-prone skin terhadap jerawat. Peningkatan hormon, terutama selama masa remaja, dapat merangsang kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak minyak, meningkatkan risiko jerawat.

Tips Mengatasi Jerawat pada Kulit Berminyak

  1. Cleansing Yang Tepat: Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit berminyak untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih.
  2. Hindari Produk yang Menyumbat Pori-pori: Pilih produk perawatan kulit yang non-komedogenik agar tidak menyumbat pori-pori.
  3. Gunakan Pelembab yang Ringan: Meskipun kulit berminyak, tetaplah menggunakan pelembab yang ringan untuk menjaga kelembaban kulit.
  4. Penggunaan Produk dengan Bahan Aktif: Produk dengan bahan seperti asam salisilat atau niacinamide dapat membantu mengontrol produksi minyak dan mengurangi peradangan pada acne-prone skin.

Kulit berminyak dapat mempengaruhi kecenderungan seseorang terhadap jerawat, terutama jika tidak diatasi dengan baik. Namun, penting untuk diingat bahwa kulit berminyak bukan satu-satunya faktor penyebab jerawat. Perawatan kulit yang tepat, bersih, dan pemilihan produk yang sesuai dapat membantu mengurangi risiko dan intensitas jerawat pada kulit berminyak. Sebagai pencegahan kita bisa menggunakan rangkaian Oil Control Series dari Theraskin yang dapat mengontrol minyak berlebih dan menyamarkan tampilan pori-pori.

Theraskin, Therapy for your skin

Berita Lainnya

DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan informasi produk dan promo terbaru

© 2022 THERASKIN.CO.ID

magnifier