Cuci Wajah Malah Kusam? Hindari 6 Kesalahan ini!

November 4, 2023

Mencuci wajah adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit sehat kita. Namun, seringkali kita tidak menyadari bahwa ada beberapa kesalahan umum yang dapat membuat wajah terlihat kusam meskipun telah melakukan cuci wajah secara rutin. Dalam artikel ini, kita akan membahas enam kesalahan yang perlu dihindari agar kulit tetap bersih, segar, dan bercahaya setelah cuci wajah.

1. Menggunakan Air dengan Suhu Panas

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah menggunakan air yang terlalu panas saat mencuci wajah. Karena tahukah kamu bahwa air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit, menyebabkan kulit kering dan iritasi? Jadi, lebih baik kita gunakan air hangat atau suam-suam kuku untuk membersihkan wajah agar kulit tetap lembap.

2. Menggosok Wajah Terlalu Keras

Saat mencuci wajah, biasanya kita tidak sadar bahwa kita menggosok wajah kita terlalu keras. Biasanya karena buru-buru dan terlalu cepat mencuci wajah. Janga lagi ya! Karena gesekan yang kasar dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan iritasi. Sebaiknya, gunakan gerakan lembut dan melingkar saat membersihkan wajah. Jangan lupa untuk membersihkan dengan lembut bagian-bagian sensitif seperti area sekitar mata dan bibir.

3. Menggunakan Pembersih Wajah yang Salah

Pilihan pembersih wajah yang tepat sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersinar setelah cuci wajah. Pastikan kita menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita. Jika memiliki kulit kering, pilih pembersih yang lembut dan melembapkan. Untuk kulit berminyak, pilihlah pembersih yang mampu mengontrol minyak berlebihan. Contohnya yakni Perfect Glow Facial Wash untuk kulit kering/normal dan Oil Control Facial Wash untuk kulit berminyak/kombinasi.

4. Tidak Melakukan Double Cleansing

Double cleansing adalah metode pembersihan yang melibatkan penggunaan dua jenis pembersih yang berbeda. Pembersih pertama digunakan untuk menghapus makeup dan kotoran dengan bahan dasar minyak. Lalu dilanjutkan dengan pembersih kedua berbasis air, digunakan untuk membersihkan kotoran dan residu lainnya. Melakukan double cleansing secara teratur dapat membantu menghilangkan semua jenis kotoran dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Untuk produk double cleansing, kita bisa milih Cleansing Balm Theraskin atau Milk Cleanser Theraskin.

5. Mengabaikan Penggunaan Pelembap

Setelah mencuci wajah, jangan lupa untuk menggunakan pelembap. Banyak orang mengabaikan langkah ini, padahal pelembap sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit dan gunakan secara teratur setelah mencuci wajah. Kita bisa gunakan Perfect Glow Face Cream, Advanced Acne Face Cream, atau Oil Control Face Cream.

6. Tidak Membersihkan Alat Pembersih dengan Benar

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan alat pembersih wajah dengan benar setelah digunakan. Khususnya, jika kita menggunakan spons, sikat, atau alat pembersih lainnya, pastikan untuk membersihkannya dengan air hangat dan sabun setelah digunakan. Kebersihan alat pembersih sangat penting agar tidak menyimpan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi kulit, komedoan, dan juga kusam.

Jadi, siapa yang sudah tahu kenapa mencuci wajah malah jadi kusam? Nah, karena kita sudah baca artikel di atas sampai selesai. Yuk kita terapkan membersihkan wajah dalam dua tahap, yaitu double cleansing. Agar kulit wajah terhidar dari sisa kotoran yang menyebabkan komedoan, jerawatan dan bahkan kusam.

Theraskin, Therapy for Your Skin.

Berita Lainnya

DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan informasi produk dan promo terbaru

© 2022 THERASKIN.CO.ID

magnifier